Author Guidelines

Ketentuan Penulisan Artikel

Artikel harus terkait dengan pembelajaran di MI/SD meliputi strategi pembelajaran, pengembangan bahan ajar, keterampilan guru MI/SD, atau keterampilan penunjang calon guru MI/SD. Artikel diangkat atau didasarkan pada hasil penelitian, review buku atau kajian teori yang setara dengan penelitian. Penulis harus memastikan bahwa Artikel haruslah naskah asli dan belum pernah di muat dalam media apapun. Aturan Penulisan artikel adalah sebagai berikut:

 

  • BAHASA: Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia
  • FORMAT: Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan spasi Jumlah halaman maksimal 20 halaman. Isi tulisan diketik dengan Font Times New Romans, 12pt.
  • JUDUL: Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris (berkisar antara 10-15 kata) dan harus mencerminkan inti dari isi tulisan. Nama penulis dicantumkan di bawah judul tanpa mencantumkan gelar dan jabatan. Judul diketik dengan font Times New Romans, 16pt, di bawah nama penulis diikuti nama Institusi tempat penulis bekerja, serta alamat email penulis.
  • ABSTRAK: Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 200. Abstrak diketik dengan font Times New Roman, 10pt, spasi satu. Menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan.
  • KATA KUNCI: Kata kunci dicantumkan di bawah abstrak, maksimal 5 kata ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • TABEL: Judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jelas dan singkat. Tabel harus diberi nomor. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan desimal dan kebulatan seribu.
  • GAMBAR: Grafik dan ilustrasi lain yang berupa gambar harus kontras dan dibuat dengan tinta hitam. Setiap gambar harus diberi nomor, judul dan keterangan yang jelas (font yang proporsonal) dalam bahasa Indonesia.
  • FOTO: Foto harus mempunyai ketajaman (rosolusi) yang baik, diberi judul dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  • TUBUH NASKAH: Diatur dalam Bab secara konsisten sesuai dengan kebutuhan.
  • REFERENSI: Ditulis dengan menggunakan model Footnote

SISTEMATIKA PENULISAN adalah sebagai berikut :

          Judul: Bahasa Indonesia dan Inggris, Penulis, instansi, dan email penulis, Abstrak: Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian (Jika berupa hasil penelitian), Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Rujukan

  • KESIMPULAN: adalah hasil dari pembahasan yang menjawab permasalahan penelitian. Isi kesimpulan menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya serta menghindari penggunaan bullet atau nomor.
  • DAFTAR PUSTAKA: Pustaka yang dirujuk diusahakan terbitan paling lama sepuluh tahun terakhir dengan jumlah paling sedikit sepuluh pustaka yang bersumber dari acuan primer. Sumber dituliskan dengan mengikuti tatacara (style) yang dikeluarkan oleh APA (American Psychological Association), Untuk menghindari kesalahan dalam penulisan format daftar pustaka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley. Contoh penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:

 

Akhadiah, Sabarti, Maidar Arsyad dan Sakura Ridwan. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwasilah, A. Chaedar. 2008. Filsafat Bahasa dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anderson, Lorin W, David R. Krathwohl, Peter W.Airasian. 2000.A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman

Benjafield, John G. 1992. Cognition, Englewood Cliffs. New Jersey; Prentice Hall. Besnard, Philipe dan Anthony Hunter. Elementsof. 2008. Argumentation. Cambridge: The MIT Press.