PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DARING DAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDNEGERI BEKA KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI

  • Sunardy UIN Datokarama Palu
  • Gusnarib UIN Datokarama Palu
  • Darmawansyah UIN Datokarama Palu
Keywords: Pembelajaran Blended Learning, Daring Dan Luring, Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Masuknya wabah covid-19 di Indonesia merubah kebiasaan dalam proses pembelajaran di sekolah maupun di perguruan tinggi, yang biasanya belajar dengan tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran blended lerning daring dan luring yang bersifat wajib pada masa darurat covid-19. Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam skipsi ini berangkat dari rumusan masalah: Bagaimana penerapan pembelajaran blended learning daring dan luring dan Apa faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pembelajaran blended learningĀ  daring dan luring pada masa pandemi covid-19

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yaitu penelitian lapangan. Tekhnik pengumpulan datanya menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya yaitu kepala sekolah, wali kelas, guru matapelajaran, dan beberapa peserta didik beserta sumber-sumberĀ  pendukung lainnya yang mempunyai relevansi dengan penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam implementasinya SD Negeri Beka telah berhasil melakukan desain model pembelajaran yang menyesuaikan pada perkembangan zaman, khususnya pada masa pandemi covid-19. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi. Hal ini memiliki nilai positif secara otomatis tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dilatih dalam berkreatifitas, berinofasi mendesain model pembelajaran, dan meningkatkan pembelajaran berbasis teknologiĀ  untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan penerapanya, juga memiliki faktor pendorong dan penghambat yang sudah diurai dalam penelitian ini.

Implikasi dari penelitian ini yaitu kepala sekolah hendaknya menjadi supervisor yang baik dan memberikan pemahaman tentang kreativitas yang harus dimiliki bagi seluruh pendidik, untuk seluruh pendidik dan tenaga kependidikan diharap mampu membimbing dan memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran daring maupun luring, dan kepada peserta didik diharapkan lebih aktif dan semangat dalam menerima pelajaran.

Published
2022-08-04
Section
Articles